nav tes

Kamus Tok Pisin

Tuesday, November 13, 2018

Home


Bahasa Tok Pidgin / Tok Pisin


Bahasa Tok Pidgin / Tok Pisin merupakan salah satu bahasa resmi dari 3 bahasa resmi di Papua New Guinea, yakni bahasa Inggris (English), bahasa Hiri Motu dan bahasa Tok Pisin. Bahasa Tok Pisin sendiri telah mengalami perkembangan selama lebih dari 150 tahun silam dan menjadi salah satu bahasa yang cukup banyak dipertuturkan di wilayah kepulauan Pasifik.

Pada awalnya bahasa Tok Pisin tidak begitu di pandang oleh para ilmuan dan ahli bahasa karena di anggap sebagai salah satu bahasa Language Franca atau "bahasa pengantar" dalam pergaulan, yang artinya, bahasa ini dapat berbeda-beda di beberapa tempat yang berbeda tergantung pada dialeg bahasa lokal masyarakat penutur. 
Sebagai contoh, di Indonesia memiliki satu bahasa nasional yaitu bahasa Melayu Indonesia, namun di beberapa daerah di Indonesia terdapat beberapa perbedaan bahasa melayu seperti di wilayah Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

Seiring perjalanan panjangnya bahasa Tok Pisin kini nampaknya mulai banyak mendapat perhatian dari para ilmuan dan ahli bahasa serta institut-institut pendidikan di dunia ini. hal ini terlihat dengan makin banyak dari mereka yang mulai melakukan beberapa riset dan penelitian terkait bahasa Tok Pisin. Beberapa di antaranya ada Bajau, Elpie, Thomas dan Dicks yang telah menerbitkan dokumen hasil penelitian mereka tentang bahasa Tok Pisin, kurang lebih sebanyak 123 halaman, pada bulan Agustus tahun 1991 dengan judul:
Tok Pisin Grammar Workbook for English Speakers. A Practical Approach to Learning the Sentence Structure of  Melanesian Pidgin (Tok Pisin).



Dan hingga saat ini bahasa Tok Pisin semakin banyak diminati untuk dipelajari dan masih terus diteliti oleh pihak-pihak yang telah disebutkan di atas dan banyak lagi, dimana beberapa dari hasil penelitiannya ada yang telah di publikasikan baik melalui media cetak maupun media online, dan cukup mendapatkan apresiasi dari banyak pihak dan kalangan. Namun sayangnya hampir semua dari hasil penelitian yang dilakukan hanya tersedia dalam bahasa Inggris (english), karena mereka (para ilmuan & ahli bahasa) kebanyakan berasal dari wilayah Eropa & Amerika.

Salah satu contoh video tutorial pembelajaran bahasa Tok Pisin yang di unggah oleh Paul melalui akun youtubersnya Langfocus dengan judul "Tok Pisin : The English-Based Creole of Papua New Guinea" :



Berdasarkan fakta tersebut di atas, maka dalam blog ini kami mencoba untuk mentranslet materi dari hasil penelitian mereka (Para Ilmuan & Ahli Bahasa) tersebut yang telah kami pelajari dalam format bahasa Melayu Indonesia, sehingga akan memudahkan para pembaca dari berbagai wilayah Asia yang berbahasa melayu untuk dapat mempelajari dan memahaminya. 

Jadi semua materi yang kami sajikan disini, kami kumpulkan dan kami rangkum dari berbagai sumber hasil penelitian yang telah diterbitkan juga berdasarkan pengalaman kami pribadi.
Teruslah belajar karena menguasai banyak bahasa adalah salah satu bagian dari wujud pengembangan diri. Dan mungkin ditahun-tahun yang akan datang apabila para ilmuan & ahli bahasa telah sukses mendokumentasikannya, maka mungkin saja bahasa Tok Pisin bisa menjadi salah satu bahasa dalam draf kamus google translator.
Dibawah ini beberapa video tutorial belajar Tok Pisin yang di unggah oleh beberapa akun Youtubers.
  1. Video tutorial oleh Mathew Yaro yang di unggah melalui akun youtubers YWAM Ships Kona dengan judul "Papua New Guinea : Introductions Lesson", dan di beri caption "Learn how to speak basic phrases in Tok Pisin (Pidgin of Papua New Guinea)".




     2. Video tutorial Speaking Tok Pisin oleh Priscilla yang diunggah melalui akun youtubers WIKITONGUES :





3. Video tutorial Speaking Tok Pisin oleh David Lui yang di unggah melalui akun youtuber-nya Lifey






-Bagikan





No comments:

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda..