nav tes

Kamus Tok Pisin

Tuesday, November 13, 2018

Tentang Kamus Ini.

Blog kamus Tok Pisin ini, adalah sebuah blog yang kami buat untuk menunjang program pembelajaran bahasa Pidgin / Tok Pisin. Disini kami menyediakan sebuah form kamus yang dapat membantu anda dalam mencari arti setiap kata Indonesia & Tok Pisin. Namun kami mohon maaf sebelumnya karena jumlah database kosakata yang tersedia pada program kamus ini masih belum lengkap yakni, berjumlah sekitar kurang lebih 6000'an kosakata. Oleh sebab itu kami memohon kesabarannya dari teman-teman mengingat jumlah database kosakata bahasa Indonesia yang mencapai lebih dari 35.000, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pelengkapannya. Untuk itu teruslah mengunjungi blog kamus Tok Pisin ini sebab setiap hari kami terus mengupgrade database kosakatanya.

Tampilan platform blog kamus tok pisin ini kami seting agar tampilannya disesuaikan hanya dengan tampilan web. Jadi apabila anda mengaksesnya melalui smart phone anda, maka tampilan platformnya akan tetap disesuaikan dengan tampilan web. Hal ini kami lakukan karena kami menempatkan form kamus pencarian kata pada template bagian atas blog, sehingga apabila tampilannya kita seting agar mengikuti tampilan perangkat, baik smart phone & tamblet, maka form kamus pencarian kata yang ada di bagian atas blog ini tidak akan di tampilkan pada perangkat seluler (smart phone & tablet). Hal ini  terjadi karena tampilan web pada perangkat seluler biasanya hanya akan menampilkan halaman situs dan menu navbar. Jadi, apabila anda mengakses blog kamus ini menggunakan perangkat seluler maka, anda bisa memperbesar tampilan blog sesuai perangkat seluler anda.

Disini kami juga memberikan kesempatan pada siapa saja yang mahir berbahasa Tok Pisin dan mau turut berpartisipasi untuk dapat bergabung, baik dalam perihal menulis konten, menyumbang database  kosakata, maupun dalam mengembangkan program kamus ini.
Jadi apabila anda memiliki kemampuan berbahasa Tok Pisin dan ingin membagikan ilmunya namun tidak tahu bagaimana harus menyalurkannya, atau tidak memiliki media tempat menyalurkannya, maka melalui blog kamus Tok Pisin ini kami memberikan kesempatan kepada anda sekalian untuk bisa saling berbagi.

Kami juga menyadari bahwa program kamus Tok Pisin ini masih jauh dari kesempurnaan, namun kami tidak menutup diri dan selalu terbuka menerima segala saran dan kritikan dari teman-teman semua agar kedepannya program kamus Tok Pisin ini bisa lebih baik lagi. Dan sebagaimana kita semua ketahui bahwa membuat sebuah kamus itu memang tidaklah mudah, perlu ketenangan, kesabaran dan semangat yang gigih, karena kita akan selalu berkutat melawan kejenuhan dalam setiap proses pengumpulan database kosakata yang harus terus dilakukan secara berulang kali setiap hari.

Pada awal proses pengumpulan database kosakata kamus ini kami lakukan secara manual sebab pemerintah melalui Kemendikbud KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), tidak menyediakan database Kosakata bahasa Indonesia yang bisa di download, sehingga hal itu cukup menyulitkan kami dalam proses mencari dan menganalisa definisi setiap kata perkata. Namun setelah sekian lama browsing dan mencari di berbagai sumber, akhirnya telah kami temukan sebuah database kosakata berdasarkan format KBBI, maka kedepannya kami akan berupaya lebih baik lagi.

Untuk itu jika anda menemukan adanya kesalahan baik pada penulisan maupun terjemahan kata yang kurang tepat sasaran, maka jangan malu dan sungkan untuk memberikan komentar agar dapat kita koreksi bersama. Sebab mereka yang pandai melihat dan menilai sebuah kesalahan itu memang banyak, tetapi mereka yang bisa memberikan solusi dalam sebuah kesalahan itu sedikit.
Dan kami sangat menghargai walau sekecil apapun saran, kritikan dan dukungan yang anda berikan sebab program kamus Tok Pisin yang kami kemas dalam bentuk blog ini kami buat untuk kita pakai dan kembangkan bersama.





-Bagikan





2 comments:

  1. ASAI WASINI PENERJEMAAN BAHASA TOKPISIN PAPUA NEWGUINEA
    Tentang Kamus Ini.
    Blog kamus Tok Pisin ini, adalah sebuah blog yang kami buat untuk menunjang program pembelajaran bahasa Pidgin / Tok Pisin. Disini kami menyediakan sebuah form kamus yang dapat membantu anda dalam mencari arti setiap kata Indonesia & Tok Pisin. Namun kami mohon maaf sebelumnya karena jumlah database kosakata yang tersedia pada program kamus ini masih belum lengkap yakni, jumlahnya sekitar kurang lebih 6000'an kosakata. Sebab itu kami memohon kesabarannya dari teman-teman mengingat jumlah database kosakata bahasa Indonesia yang mencapai lebih dari 35.000, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pelengkapannya. Untuk itu teruslah mengunjungi blog kamus Tok Pisin ini karena setiap hari kami terus mengupgrade database kosakatanya.

    Tampilan platform blog kamus tok pisin ini kami setting agar tampilannya disesuaikan hanya dengan tampilan web. Jadi apabila anda mengaksesnya melalui smart phone anda, maka tampilan platformnya akan tetap disesuaikan dengan tampilan web. Hal ini kami lakukan karena kami menempatkan form kamus pencarian kata pada template bagian atas blog, sehingga apabila tampilannya kita setting agar mengikuti tampilan perangkat, baik smart phone & tamblet, maka form kamus pencarian kata yang ada di bagian atas blog ini tidak akan di tampilkan pada perangkat seluler (ponsel pintar & tablet). Hal ini terjadi karena tampilan web pada perangkat seluler biasanya hanya akan menampilkan halaman situs dan menu navbar. Jadi, apabila anda mengakses blog kamus ini menggunakan perangkat seluler maka, anda bisa memperbesar tampilan blog sesuai perangkat seluler anda.

    ReplyDelete

Silahkan masukan komentar anda..