nav tes

Kamus Tok Pisin

Thursday, May 18, 2017

Percakapan Dua Sahabat Lama Dalam Tok Pisin

Berikut ini contoh sederhana percakapan antara dua sahabat lama yang baru berjumpa setelah sekian lama tidak bertemu.


Dina


:


hi Roni, longpela taim yumitupela nogat bungim wantaim, olsem wanem nius bilong yu?
Hai Roni lama sekali kita tidak saling jumpa, bagaimana kabar mu?

Roni


:


hi Dina, mi orait tasol, na yu yet olsem wanem ah?
hai Dina, saya baik-baik saja, engkau sendiri bagaimana kabarnya?

Dina


:


ouw nais ya, mi wankain tu ya gutpela oltaim.
ouw mantap, saya juga sama baik-baik selalu.

Roni


:


yeah gut, na yu mekim wanem long hia?
yaah mantap, lalu engkau sedang apa disini.

Dina


:


nogat ya, mi laik long go long maket na baim sampela kumu tasol mi lukim yu long hia. Na yu laik go long we?
tidak, saya mau pergi ke pasar untuk membeli beberapa sayuran tetapi bertemu kamu disini. Terus kamu mau kemana?

Roni


:


hmm,, mi raun raun tasol na lukluk kain kain samting.
hmm,, saya jalan-jalan saja sambil lihat-lihat segala sesuatu.

Dina


:


Ouwh gut, mi laik yet long planti stori wantaim yu tasol mi sore, mi mas go long maket nau.
Ouwh bagus, saya masih ingin bercerita bayak dengan kamu tapi maaf, saya harus pergi ke pasar sekarang.

Roni


:


i no wari ya Dina, mi hamamas long bungim wantaim yu gen, ok yu go was gut long rot na lukim yu gen.
tidak masalah Dina, senang bisa bertemu dengan kamu gen, ok hati-hati di jalan dan sampai jumpa lagi.

Dina


:


ok lukim yu bihain, mi go pastaim, gutbai.
ok sampai jumpa lagi, saya pergi duluan, da.. daa…

Roni


:


Ok gutbai poro..
baik da daa,.. kawan..



Sebagaimana telah dijelaskan pada keterangan percakapan sederhana, perhatikan bahwa teman-teman jangan terlalu terpaku pada arti kata-perkata, melainkan cobalah untuk memahami berdasarkan maksud penyampaian kalimat. ok! sekarang kita akan lanjut ke contoh percakapan berikutnya.





-Bagikan





No comments:

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda..