nav tes

Kamus Tok Pisin

Thursday, April 27, 2017

Tata Bahasa (GRAMMER)


"Helo ol manmeri na olgeta wantok, olsem wanem nius bilong yupela, yupela i stap gut..?
Yeah mi hop yupela gut i stap na healt oltaim..
Mi hamamas tru bikos yupela bin kam na lukim dispela blog.
ehehee... 😜,,
halo pace mace dan teman-teman semua, gimana kabar, kalian baik-baik saja..?
yaah saya berharap kalian semua baik-baik dan sehat selalu.."
Senang sekali rasanya karena kalian telah mengunjungi blog ini.. 😎


        Ok! Jangan terburu-buru kawan, sebelum anda mencoba untuk membuat kalimat-kalimat sederhana dalam bahasa Tok Pidgin / Tok Pisin, saya sarankan anda harus pahami terlebih dahulu aturan dasar dan tata cara dalam berbahasa Tok Pisin. Yeah sebagaimana setiap bahasa di dunia ini pasti memiliki aturan dasar tersendiri dalam penggunaan komunikasi bahasanya, oleh sebab itu dalam situs "Kamus Tok Pisin" ini saya mencoba mengulas sedikit tentang tata cara dalam berbahasa Tok Pidgin / Tok Pisin. Bahasa Tok Pisin tidak terlalu sulit untuk dipelajari, karena bahasa Tok Pisin sendiri memiliki jumlah kosakata yang tidak terlalu banyak, maka dalam komunikasih atau percakapan sehari-hari, bahasa Tok Pisin sering di kombinasikan dengan bahasa English, jadi apabila teman-teman telah mahir dalam Tok Pisin maka secara otomatis teman-teman juga akan menguasai bahasa English.

        Menurut beberapa sumber terpercaya dan dari hasil penelitian para ilmuan juga ahli-ahli bahasa yang telah saya pelajari serta berdasarkan pengalaman saya pribadi selama berkomunikasi baik lisan maupun chating dengan teman-teman dari PNG serta teman-teman West Papua yang mahir berbahasa Tok Pisin, saya selalu mencoba untuk menganalisa tatanan dan cara penuturan kalimatnya. Dari hasil perpaduan tersebut, saya mencoba mengklasifikasikan tatanan bahasa Tok Pisin menurut ilmu bahasa pada umumnya, berdasarkan pada hasil penelitian dari para ahli bahasa agar lebih mudah untuk dipelajari dan dipahami.
Maka dalam situs ini telah saya sediakan materi pembelajaran tatanan bahasa (grammer) Tok Pisin menurut dasar ilmu bahasa, so! silahkan teman-teman pelajari berdasarkan urutan materi yang telah tersaji dibawah ini.






Saya Sarankan anda mengikuti semua materi ini langkah demi langkah, apabila ada yang perlu ditanyakan silahkan kirimkan komentar pada kotak komentar yang tertera dibagian bawah setiap artikel.
Terima kasih, selamat belajar ya guys, kurang dan lebihnya silahkan disesuaikan dengan jam terbang anda... 😁



-Bagikan





3 comments:

Silahkan masukan komentar anda..