nav tes

Kamus Tok Pisin

Saturday, May 25, 2019

Lyrics - Josephine - Black Brothers



Ikuti Channel Youtube kami "Benhur Dracksond" dengan cara klik tombol Subscribe dan tombol Lonceng agar anda mendapatkan pemberitahuan dalam setiap unggahan video lirik lagu berbahasa Tok Pisin terbaru, dan kedepannya kami juga akan menyediakan video tutorial pembelajaran bahasa Tok Pisin.



Artis
:
Black Brothers
Judul Lagu 
:
Josephine








Taem mi mitim yu oh my dear
long port at long Pekowa Airport
yu smile long mi mo mi smile long yu
mi holem body blong yu mo mi holem han blong yu
mi whisper long yu.. oei lucky, mi take away

Reff

Josephine.. 2x
nem blong yu i gut nomo
lif long yu mo aes blong yu Josephine
Josephine.. 2x
yu kat gutfala smile,
Josephine.. 3x

Nau i how yumitu seperet long solwota mo long ailan
yu stap long Santo mo mi stap long Vila
yu no wori long love blong mi oh my swit Josephine
mi misim yu, mi taet long yu

(..,Masuk intro setelah itu Kembali ke Reff hingga selesai,..)


Coba teman-teman perhatikan syair lagu di atas, disana bisa kita lihat bahwa syair lagu ini dibuat dengan menggunakan bahasa Vanuatu. Dan perlu teman-teman ketahui bahwa Negara vanuatu itu memiliki 3 bahasa nasioanal yaitu :
  1. English (Inggris) 
  2. Prancis (France)
  3. Bislama (Pidgin)
Bahasa Bislama itu adalah bahasa Pidgin Vanuatu. Jika di Papua New Guinea (PNG) bahasa Pidgin ini lebih dikenal atau disebut dengan Tok Pisin, maka di Vanuatu bahasa Pidgin ini disebut Bislama, jadi keduanya merupakan rumpun bahasa Pidgin namun berbeda penyebutan dan juga memiliki sedikit perbedaan-perbedaan yang tidak terlalu jauh pada kosakatanya.

Sekarang mari kita coba untuk melihat beberapa contoh perbedaan-perbedaan antara bahasa Tok Pisin dan Bislama serta terjemahannya dalam bahasa Indonesia pada tabel dibawah ini.


NoBislamaTok PisinIndonesia
1.taemtaimwaktu / saat / ketika / jam;
2.monadan / lalu / kemudian
3.solwotasolwaralaut / ombak /samudra
4.wotawaraair
5.holemholimpegang / genggam / ambil
6.laekemlaikimsayang / cinta / suka
7.kasemkisimambil / terima / bawa (silahkan lihat pengertiannya pada form kamus di atas.)
8.haoshausrumah
9.katgatada / punya / memiliki/ (kata Kat dalam bahasa Bislama memiliki arti kereta cuma dalam bunyi pengucapan kata Gat sering diucapkan dengan bunyi penyebutan Kat sehingga hal ini turut mempengaruhi gaya penulisan dan pengertian.)
10.gutfalagutpelabaik / bagus / mantap (semua kata dan penyebutan tingkatan jumlah angka yang berakhiran Pela pada Tok Pisin, jika dalam bahasa Bislama menggunakan Fala. Kecuali dalam penyebutan bilangan angka, dalam Bislama tidak menggunakan fala hanya bilangannya saja seperti pada contoh nomor 11.)
11.wan (1), tu (2), tri (3).
tufala
wanpela (1), tupela (2), tripela (3).
tupela
satu (1), dua (2), tiga (3).
kedua
12.hememini / itu / dia (laki-laki/perempuan, kata ganti benda)
13.aeaimata
14.samfalasampelabeberapa / sebagian
15.fastaempastaimpertama / lebih dahulu / duluan.


Jadi bisa teman-teman lihat pada contoh tabel di atas itu, perbedaan antara bahasa Bislama dan Tok Pisin itu tidak terlalu jauh.
Tetapi sebelumnya saya mohon maaf guys, sebab saya sendiri juga belum begitu paham dengan bahasa Bislama sehingga agak sedikit sulit untuk menterjemahkannya ni. coba kita lihat pada  contoh penggalan lirik lagu di atas ;
"lif long yu mo aes blong yu Josephine"
jika penggalan lirik ini terjemahkan dengan bahasa Tok Pisin mungkin maksudnya adalah :
"lips blong yu na ais blong yu Josephine"
yang artinya adalah "bibir mu dan mata mu Josephine"..

hehee😄saya sendiri juga kurang begitu paham, hanya pemilik lagulah yang mengetahui dengan pasti, jadi apabila teman-teman telah memiliki lagu Josephine karya Black Brothers ini yang dalam versi bahasa Indonesia, silahkan didengarkan. Untuk pengertian lagu ini sendiri kurang lebih hampir sama seperti versi bahasa Indonesia'nya. Hanya yang membedakannya adalah lagu ini diterjemahkan dalam versi Vanuatu sehingga disesuaikan dengan penyebutan beberapa nama tempat yang ada disana, seperti :
  1. Pekowa airport = bandara Pekowa yang berada di kota Luganvile
  2. Santo = nama daerah yang ada di kepulauan Espiritu Santo
  3. Vila = nama kota Port Vila yang adalah ibukota negara Vanuatu.


Keterangan : Kami mohon maaf karena pada clip video terdapat sebuah watermark Filmora9, hal ini dikarenakan kami menggunakan sebuah aplikasi video editor Filmora versi gratis, sehingga munculnya watermark Filmora9 pada clip video itu merupakan promosi aplikasi dari pihak pengembang aplikasi Filmora.

Jika anda memiliki sebuah aplikasi editor video dan anda tidak keberatan untuk mendonasikannya pada kami guna menunjang program pembelajaran bahasa Tok Pisin melalui video-video tutorial maupun lirik lagu, maka kami akan sangat berterimakasi, sehingga kedepannya kami juga akan memberikan materi pembelajaran bahasa Tok Pisin melalui video-video tutorial.




-Bagikan





1 comment:

  1. mohon bantuanx utuk translite ke bhs indonesia k lagu josephine

    ReplyDelete

Silahkan masukan komentar anda..